Monday, November 15, 2010

iPhone 4, Gadget Mahal??

Setelah sukses dengan iPhone 3G dan 3GS, maka Apple merilis seri terbaru produknya yang diberi nama iPhone 4. Produk ini secara resmi diperkenalkan dalam acara WorldWide Developers Conference (WWDC) tanggal 8 Juni 2010 di San Francisco. Apple mengklaim bahwa produk mereka merupakan smartphone tertipis di dunia (9,3 mm) dan sesuatu yang paling indah yang pernah dirancang.

Sebagai penikmat gadget (gaya mode : ON), saya tertarik ingin mengetahui apa sih kelebihan dari iPhone 4 ini? Saya kemudian mengunjungi situs resminya dan mendapatkan beberapa keunggulan dari produk ini, antara lain :
  1. Retina Display, ini adalah jenis LCD baru dimana teknologi ini memungkinkan bagi perangkat iPhone untuk menampilkan tulisan pada layar lebih jelas walau tulisan tersebut berukuran sangat kecil (ukuran resolusi iPhone adalah 960 x 640 piksel sedangkan kepadatannya mencapai 326 pixel per inchi).
  2. A4 Chip, seperti iPad, iPhone menggunakan prosesor buatan Apple sendiri: A4. Chip A4 sendiri merupakan integrasi beberapa chip lain seperti chip Cortex-A8 yang merupakan otak utama, disambung dengan chip PowerVR SGX 535 yang bertugas sebagai GPU HD pada iPhone 4 ini. Dua chip ini kemudian disambungkan dengan 2 keping DDR SDRAM 128 MB hemat energi.
  3. Gyroscope, Jika selama ini iPhone 3GS dan generasi sebelumnya 'sekadar' menggunakan akselerometer, Apple menambahkan sensor giroskop pada iPhone 4. Ini artinya, iPhone 4 akan bisa mendeteksi 3 sumbu gerakan. Ditambah dengan akselerometer, iPhone 4 akan bisa mendeteksi 6 sumbu gerakan. Hal ini diperkirakan akan melahirkan banyak jenis game baru pada iPhone 4.
  4. Camera & iMovie, Kamera pada iPhone 4 ada dua buah. Satu di depan dan satu di belakang, dengan kamera di belakang memiliki tambahan lampu kilat LED.Kamera dengan resolusi 5 megapixel itu juga memiliki kemampuan zoom digital 5x dan backside illumination untuk memperbaiki sensornya. Untuk video, kamera itu bisa menangkap hingga 720p pada 30 fps. Salah satu software casual dengan hasil profesional yang tertanam di setiap mesin Mac akhirnya diboyong ke mobile device ini. Dengan berbagai pilihan template dan kemudahan editing layaknya pada Mac, iMovie for iPhone yang kini dilengkapi dengan lebih dari 1.500 fitur baru akan memuaskan Anda yang punya hobi editing video ringan. Sayangnya, iMovie for iPhone ini dijual terpisah dan bisa didapatkan di iTunes Store.
  5. iBooks, Aplikasi andalan iPad ini akhirnya juga di boyong ke iPhone. Dengan resolusi 325 pixel/inch, buku dan majalah digital akan terbaca sempurna.  Nantinya, buku yang telah dibeli di satu perangkat, misalnya di iPad, juga bisa disinkronkan ke perangkat lainnya tanpa biaya tambahan.
  6. Video Calling, Dari semua fitur yang sudah disebutkan, yang paling menarik mungkin adalah fitur panggilan video yang disebut FaceTime. Untuk sementara fitur ini hanya berfungsi menggunakan koneksi Wi-Fi, namun nantinya fitur ini juga akan tersedia melalui koneksi 3G.
Hmmm... begitu toh... kemudian berapa harga dari produk ini? Ternyata dari situs resmi, iPhone 4 dijual dengan harga mulai dari $199.. oh ya? jika angka itu di rupiahkan, maka harganya kurang lebih 2 jutaan.. So, mengapa di Indonesia dijual dengan harga diatas 6 jutaan? teng.. teng... jangan-jangan... upsss,,, jangan berpikiran negatif dulu,.. let's find the answer...

Dari situs resminya, Apple menuliskan bahwa harga iPhone 4 itu $199 untuk 16GB atau $299 untuk 32GB. Namun, itu baru harga perangkat fisiknya saja... Oh ya??.. Di luar itu kita masih harus bayar $36 one-time activation fee. Dengan paket data dan talktime termurah, anda harus bayar $54,99/bulan x 24 bulan. Kalau dijumlahkan bisa mencapai $1.554,76, itu pun diluar pajak... Haaa?? what?? bisa beli rumah kalo begitu.... (cip..cip...)

Sekarang, bagaimana jika dibandingkan dengan harga di Indonesia? Masih berpikiran jika iPhone mahal?? Harga bundling iPhone 4 di Indonesia rata-rata berkisar 8 jutaan plus paket data. Bandingkan dengan harga di luar negeri yakni $1.554,76, harga tersebut dua kali lipat dari Indonesia.. So, bersyukurlah dengan harga yang ditawarkan di negara kita.. Namun bagi saya, harga tersebut masih termasuk mahal jika dibandingkan dengan perangkat telekomunikasi yang saya gunakan saat ini.. So, jika memang ingin tampil modis dan tidak ingin ketinggalan gaya, belilah iPhone.. haha... iklan....:D

0 comments:

Post a Comment