Monday, November 22, 2010

Satu Apel Sehari = Obat Ampuh Untuk Berbagai Penyakit

Sebuah kebiasaan yang sampai saat kulakukan adalah memakan apel tiap hari (kadang-kadang ada bolongnya juga sih..hehehe).. Kebiasaan ini saya mulai sejak 4 bulan yang lalu. Bukan karena sebuah kebetulan saja saya melakukannya tetapi karena pada waktu itu saya mengalami gangguan pada pencernaan.. Saya sudah mengkonsumsi berbagai obat-obatan kimia, namun tetap saja hasilnya belum memuaskan.. Mungkin diantara para pembaca ada yang mengalami hal demikian juga, perut sakit atau kembung dan membuat hidup serasa mati..haha... lebay..:D. Sampai suatu waktu, seorang Dokter Spesialis Radiologi di sebuah klinik menyarankan untuk memakan apel tiap hari.. Saya pun melakukannya, toh tidak ada ruginya.. Alhasil, setelah rutin memakannya setiap hari, gangguan pencernaan saya berangsur-angsur pulih... Amazing, ini sesuatu yang luar biasa.. Keadaan ini mendorong saya untuk mengetahui apa kelebihan dari buah ini?? Nah, bagi yang penasaran, saya akan menjabarkannya sebagai berikut :

  1. Apel dapat Meningkatkan Kardiovaskular. Apaan tuh? sabar..sabar... saya coba jelaskan ya...:D.. sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).. Jika kita mengidap penyakit kardiovaskular maka itu berarti ada gangguan yang menyebabkan penyakit jantung (kardio) dan pembuluh darah (vaskular). Satu buah apel berukuran sedang mengandung 60-80 kalori tanpa natrium lemak..
  2. Apel dapat Membuat tubuh langsing.. Wow.. pasti sebagian besar wanita mengidamkan tubuh langsing...Satu apel mengandung 5 gram serat dan karbohidrat 20 gram. Apel lebih baik dikonsumsi sebagai makanan penutup setelah makan malam.
  3. Apel dapat mengoptimalkan struktur kolesterol. Berkat dua komponen kunci, pektin (sejenis serat) dan polifenol (salah satu antioksidan kuat), apel dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah oksidasi kolesterol jahat, proses kimia yang mengubahnya menjadi plak yang menyumbat arteri. Untuk memaksimalkan manfaat apel, makan apel bersama kulitnya. Kulit apel memiliki dua sampai enam kali senyawa antioksidan.
  4. Apel baik untuk pernafasan dan pencernaan. Kandungan serat apel ternyata terhitung tinggi, sebesar lima gram untuk setiap buah berukuran sedang. Jumlah ini lebih tinggi daripada kandungan serat pada kebanyakan produk sereal. Serat ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.
  5. Apel dapat memperkuat tulang. Sebuah apel mengadung Boron, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah kanker hati. Boron merupakan mineral nutrient mikro yang sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk proses metabolisme dan salah satu mineral nutrisional untuk membantu memperbaiki status mineral tulang dan mengurangi resiko osteoporosis. Di dalam tubuh, boron bekerja meniru kerja hormone estrogen, yakni menyerap dan menyimpan kalsium supaya kondisi tulang tetap terjaga baik.
  6. Apel dapat mencegah stroke. 
  7. Apel dapat membuat lebih awet muda.
  8. Apel mampu melawan kanker. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam buah yang berair mengekang pertumbuhan sel kanker, tapi akan bekerja secara maksimal saat apel dimakan seluruhnya (minus batang dan biji, tentunya). Orang yang mengonsumsi apel lebih dari satu dalam sehari akan menurunkan resiko beberapa jenis kanker (mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium, prostat, dan lain-lain) sebesar 9 - 42 persen
  9. Apel dapat mencegah penyakit jantung Apel kaya folacin, yang merupakan komposisi utama dari vitamin B, sehingga menurunkan kemungkinan penyakit jantung.
  10. Apel dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Apel mengandung tannin berkonsentrasi tinggi yang dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi yang disebabkan oleh tumpukan plak.
So, ngga ada alasan lagi untuk tidak mencoba memulainya kan?? Karena satu apel sehari itu berarti Anda sudah menciptakan obat ampuh untuk tubuh Anda..

Selamat mencoba...

2 comments:

This comment has been removed by a blog administrator.

ternyata obatnya banyak,dimana2 ada.
akhirnya menemukan obat yg enak ya...:)
semoga tidak kambuh2 lagi sakitnya

Post a Comment