Friday, November 12, 2010

Maaf dan Cinta

Sama-sama satu kata, "Maaf" dan "Cinta"... Kedua kata ini memiliki makna yang berbeda.. Dan bukan sesuatu yang mudah untuk mengucapkan kata ini.. Bagaikan sebilah pisau tajam, kata-kata ini bisa menusuk hati... woww....how's great.. 

Apa itu maaf? apa esensinya? 


Meminta maaf berarti memahami kesalahan yang dibuat dan sadar untuk tidak melakukannya lagi. Ketika kita meminta maaf pada orang lain, itu berarti bahwa kita memahami betul apa yang menjadi kesalahan kita. Jika kita belum paham kesalahan yang dibuat, maka hal itu sama saja dengan sebuah ATM kosong tanpa duit alias nol.

Di sisi lain, orang yang memberikan maaf biasanya memiliki pertimbangan untuk memaafkan orang lain. Bahkan ada orang yang tidak bisa memaafkan orang lain karena kesalahan yang dibuat sangat besar. Akibatnya, sifat tidak memaafkan itu menjadikan seseorang itu dendam. Namun menurut seorang ahli, dendam hanya akan memperburuk kondisi fisik kita, karena dendam itu turut dikonsumsi oleh tubuh.

Maaf mungkin saja tidak akan merubah sesuatu atau tidak akan mengembalikan keadaan pada posisi semula. Namun setidaknya kata maaf yang diucapkan dengan tulus merupakan bentuk penyesalan seseorang sehingga selayaknya kita meresponnya dengan baik.. Ada sebuah ungkapan "forgiven but not forgotten" artinya luka yang disebabkan oleh kesalahan itu akan terus menerus membekas pada hati. Hal itu berarti bahwa luka yang telah dibuat sebaiknya disembuhkan meskipun butuh waktu yang lama. Kuncinya ada pada kebesaran hati untuk menerima orang lain itu kembali.

Then, apa itu cinta?

Ada banyak defenisi tentang cinta. Bahkan buku-buku tentang itu telah dibuat beratus-ratus tahun sebelum sekarang. Amazing... cinta itu selalu ada sepanjang masa... cinta tidak dilahirkan ataupun dibuat oleh manusia, namun cinta itu sudah ada sejak manusia itu lahir. Paramahansa Yogananda memberikan defenisi tentang cinta:
"To describe love is very difficult, for the same reason that words cannot fully describe the flavor of an orange. You have to taste the fruit to know its flavor. So with love."

Dan ada lagi defenii tentang cinta yang paling kusukai :
"Love is seeing an imperfect person perfectly."
artinya, Cinta adalah melihat orang yang tidak sempurna dengan sempurna.. luar biasa.....



Ya.. cinta adalah cinta.... kita harus bersyukur karena ada cinta. Dengan cinta kita bisa melakukan apapun dengan bahagia dan rasa aman serta nyaman.


Finally, kembali pada judul yang saya angkat di atas, Maaf dan Cinta?? Menurut Anda, mana yang lebih mudah, mengatakan "Maaf" atau mengatakan "Cinta"...??

0 comments:

Post a Comment